CEK AKI MOBIL

Cara Tepat Menguji Kualitas Baterai Mobil

                 Sungguh hati kesal ketika pagi hari saat akan berangkat kerja, mobil mendadak mogok. Saat kunci kontak diputar ke posisi on, nyala semua lampu indikator redup, bisa saja mati total.
Cek aki  baterai mobil sebelum memulai perjalanan. Tidak jarang mobil mogok karena pasokan daya listrik ke baterai kecil sehingga terjadi defisit.
Kompas/Agus SusantoCek aki baterai mobil sebelum memulai perjalanan. Tidak jarang mobil mogok karena pasokan daya listrik ke baterai kecil sehingga terjadi defisit.


Makin kesal ketika menyadari ternyata baterai mobil bermasalah dan rasanya belum lama mengganti baterai/aki mobil. Mungkin kurang dari dua tahun atau setahun lalu.

Kalaupun baterai diganti, masalah belum tentu beres. Tidak ada jaminan hal yang sama tidak akan berulang. Bisa jadi masalah hanya teratasi sementara.

Baterai penting
Mobil zaman sekarang dikendalikan komputer. Ada yang menyebut peranti itu dengan powertrain control module (PCM) atau electronic control unit. Nissan menyebutnya electronic concentrated control system. Toyota menggunakan istilah Toyota computer-controlled system. Produsen mobil lain punya istilah berbeda.

Untuk mobil bertransmisi otomatis, ada tambahan sistem pengendali transmisi matik (transmission control unit atau transmission control module). Letaknya bisa menyatu dengan PCM, bisa juga terpisah, tetapi saling berinteraksi.

Komputer mobil bukanlah "makhluk dari planet lain" yang mampu berpikir sendiri. Jika tidak diprogram, perangkat itu tidak akan memberi manfaat. Jika diprogram secara benar, komputer mobil akan mampu mengendalikan mobil dan memberi perintah yang akurat, konsisten, dan cepat pada aktuator, termasuk injektor, idle speed control (ICS), dan solenoid.

Contoh sederhana, saat kita menghidupkan mobil pada pagi hari, suhu mesin dingin. Saat kunci kontak diputar ke posisi on, sensor suhu mesin (coolant temperature sensor) mengirim sinyal/informasi ke PCU bahwa mesin dalam keadaan dingin.

PCU mengolah informasi itu, lalu memberi perintah ke ICS untuk membuka celah lebih lebar agar udara yang masuk ke ruang bakar lebih banyak. Ketika ICS sudah menjalankan perintah itu, PCU akan mengonfirmasinya kepada pengemudi dengan cara mematikan check engine light atau malfunction indicator lamp (MIL).

Ketika MIL mati dan kunci kontak diputar ke posisi start, masih menggunakan informasi sama dari sensor suhu mesin, PCU memerintahkan injektor menyemprotkan lebih banyak bahan bakar dalam volume tertentu yang terukur ke ruang bakar. Efeknya, saat mesin menyala, putaran mesin langsam saat suhu mesin dingin naik, sekitar 1.500 rpm.
Kebutuhan tegangan  listrik bagi komputer mobil dipasok oleh baterai. Jika kualitas baterai buruk, kinerja sistem pengendali mobil akan terganggu. Bahkan, ketika persediaan daya elektrik baterai benar-benar habis, sistem sama sekali tidak akan mampu bekerja. Untuk itu, pengecekan aki baterai mobil menjadi penting.
Kompas/Agus SusantoKebutuhan tegangan listrik bagi komputer mobil dipasok oleh baterai. Jika kualitas baterai buruk, kinerja sistem pengendali mobil akan terganggu. Bahkan, ketika persediaan daya elektrik baterai benar-benar habis, sistem sama sekali tidak akan mampu bekerja. Untuk itu, pengecekan aki baterai mobil menjadi penting.


Ketika suhu kerja mesin tercapai, perlahan putaran langsam mesin turun ke posisi ideal, sekitar 800 rpm. Putaran mesin lebih cepat saat kondisi mesin dingin diperlukan agar suhu kerja mesin yang ideal cepat tercapai. Suhu kerja ideal mesin dijadikan dasar bagi komputer masuk sistem program: closed loop.

Dalam berkomunikasi dengan sensor dan aktuator, komputer mobil menggunakan tegangan sinyal. Tegangan sinyal yang digunakan berupa nilai tegangan (voltage pulses).

Kebutuhan tegangan listrik bagi komputer mobil dipasok oleh baterai. Jadi, bisa dibayangkan, kalau kualitas baterai buruk, kinerja sistem pengendali mobil akan terganggu. Bahkan, ketika persediaan daya elektrik baterai benar-benar habis, sistem sama sekali tidak akan mampu bekerja. Itu sama saja Anda menyalakan laptop tanpa baterai atau listrik.

Mengukur kualitas baterai

Cara mengukur kualitas baterai mudah. Ambil alat pengukur tegangan listrik DC (voltmeter/multimeter), baik digital maupun analog. Pilih posisi pengukuran ke tegangan DC (DC volt) dan pilih angka 20 volt. Tempelkan ujung voltmeter/multimeter merah ke kutub positif (+) baterai dan hitam ke negatif (-).

Lihat jarum penunjuk atau angka di layar. Jika menunjuk 12,6 volt, baterai mobil terisi penuh. Jika menunjuk angka 12,4 volt, baterai terisi 75 persen. Jika pagi hari Anda mengukur tegangan baterai dan mendapati angka 12,4 volt atau kurang, sebaiknya segera ganti baterai dengan yang baru.

Tidak jarang mobil mogok karena pasokan daya listrik ke baterai kecil sehingga terjadi defisit. Untuk mengetahui kualitas alternator, nyalakan mesin mobil, lalu ulangi cara pengukuran yang sama. Jika jarum/angka pada layar voltmeter/multimeter menunjuk angka 13,6 volt-15,6 volt, tandanya kemampuan pengisiannya masih bagus.

Jika kurang dari 13,6 volt, itu pertanda pengisian lemah. Lebih dari 15,6 volt boleh jadi pengisian daya berlebih. Ganti atau perbaiki alternator.
Dari blog ttangga, by Hermas E Prabowo